Pertanyaan

 

1. Bagaimana mendapatkan produk – produk PT Showa Indonesia Mfg?

  • Pada saat ini produk PT Showa Indonesia Mfg diperjualbelikan sebagai Genuine Part dari masing-masing ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) seperti PT. Astra Honda Motor, PT. Honda Prospect Motor, PT. Suzuki Indomobil Motor, PT. Astra Daihatsu Motor, PT. Toyota Astra Motor, PT. Kramayudha Tiga Berlian, dan lain-lain, sehingga bisa didapatkan di dealer resmi dari ATPM tersebut.

 

2. Apakah fungsi Shock Absorber pada kendaraan?

  • Fungsi dasar dari Shock Absorber ada dua :
    • Faktor kenyamanan, yaitu mengurangi getaran dan gerakan dari body, engine, serta penumpang (Sprung Mass)
    • Faktor keselamatan, yaitu menjaga getaran dari roda, velg, rem dan shock absorber itu sendiri pada tingkat minimum (Unsprung Mass)

 

3. Apa saja bagian-bagian dari sebuah shock absorber?

  • Pada dasarnya terdiri dari dua bagian utama yaitu:
    • Spring, yang berfungsi menahan beban kendaraan dan memberikan fungsi elastisitas pada suspensi
    • Damper, yang berfungsi meredam gaya keatas dari elastisitas spring dan menambah fungsi spring (untuk konstruksi double action)

 

4. Apa saja jenis shock absorber yang digunakan pada motor-motor yang beredar di Indonesia?

  • Untuk Suspensi Depan (Front Fork) ada dua macam,
    • Teleskopik normal type
    • Up Side Down → untuk motor-motor CBU
  • Untuk Suspensi Belakang (Rear Cushion) ada yang,
    • Single Tube, umumnya digunakan untuk motor bebek (cub) seperti Honda Supra, Suzuki Smash, Kawazaki Edge
    • Double Tube, umumnya digunakan untuk motor jenis motor sport seperti Honda MegaPro, Honda Tiger, dan lain-lain

 

5. Apakah shock belakang motor jenis sport bisa digunakan di motor jenis Cub atau sebaliknya?

  • Untuk shock belakang (Rear Cushion) motor sport digunakan di motor jenis cub, tidak disarankan karena tidak sesuai dengan design awal, tetapi secara teknis bisa, hanya saja tinggi motor bagian belakang akan berbeda
  • Untuk shock belakang tipe cub digunakan ke motor jenis sport, sangat tidak disarankan, karena tidak sesuai dengan design awal dan bobot motor Sport yang lebih berat dibanding motor jenis cub sehingga kemungkinan akan mempengaruhi fungsi dan kekuatan shock absorber itu sendiri

 

6. Mengapa shock belakang motor jenis sport lebih nyaman dibanding shock belakang motor jenis cub?

  • Pada motor-motor sport jenis touring seperti Honda MegaPro, Honda Tiger memang lebih nyaman dibanding cub. Hal ini dipengaruhi oleh sprung mass yang diredam oleh shock. Untuk shock yang menggunakan konstruksi double tube memungkinkan mendesign suspensi dengan Spring yang lembut dan kinerjanya dibantu oleh damper dalam menahan beban kendaraan (kompresi) serta meredam kembali gaya ke atas dari spring (rebound)
  • Sementara itu shock belakang sebagian motor jenis cub dengan konstruksi single tube single action design, damper tidak membantu kerja spring pada saat kompresi sehingga dibutuhkan spring yang lebih keras untuk menahan beban kendaraan. Untuk jenis ini damper hanya berperan pada saat rebound.

 

7. Mengapa spring pada shock rear cushion ada yang jaraknya rapat dan ada yang renggang?

  • Jarak rapat atau renggang pada suatu spring yang dikenal dengan istilah Pitch ada dua jenis, yaitu:
    • Type Konvensional, dimana hanya ada satu pitch yang menyebabkan kekerasan Spring hanya untuk satu kondisi, yaitu: rapat untuk yang empuk dan renggang untuk yang keras.
    • Type Progressive, dimana ada dua pitch, rapat dan renggang. Hal ini membuat shock memberikan efek empuk dan efek keras sesuai dengan kondisi beban. Contohnya, bila dinaiki satu orang akan terasa empuk tetapi tidak mentok bila dinaiki dua orang atau memberikan efek keras untuk menahan beban

 

8. Apa fungsi Tabung (Sub Tank) pada shock TC dari Honda Tiger?

  • Sub Tank dari Shock TC Tiger itu full terisi oleh Oli. Oli di dalam Sub Tank ini berfungsi untuk menjaga performance dari Shock Absorber itu sendiri untuk pemakaian jarak jauh. Sesuai dengan peruntukan Honda Tiger sendiri sebagai King of Cruiser, sehingga membutuhkan Shock yang prima

 

9. Bagaimana untuk shock absorber di kendaraan roda 4?

  • Kontruksi shock absorber pada umumnya menggunakan double tube double action. Sedangkan berdasarkan sistem suspensinya, tipe shock yang biasa digunakan adalah:
    • Strut type
      • Digunakan pada Independent McPherson dan Double Wishbone sistem
    • Damper Unit
      • Digunakan pada Rigid Axle dan Torsion Spring dan Torsion Beam sistem
  • Untuk kendaraan yang medium & luxurious media yang digunakan didalam shock selain menggunakan oli juga ditambahkan dengan gas nitrogen yang berfungsi menambah kecepatan reaksi peredaman sehingga mampu mendukung sistem susunan valve yang rumit (progressive) untuk membuat mobil nyaman dipakai di jalan gelombang dan stabil di jalan bebas hambatan.

 

10. Untuk Gear, dimanakah Hypoid Gear berperan dalam mobil?

  • Hypoid Gear terdapat pada Transfer Gear, yang berperan dalam mentransfer tenaga mesin dengan sudut 90 derajat ke propeller shaft
  • Hypoid Gear juga terdapat pada differential Gear, yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari propeller shaft ke masing – masing roda kanan dan kiri