10 Film Sedih Indonesia Terbaru yang Menguras Air Mata

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Sebuah movie bisa memainkan emosi seseorang, apalagi menyentuh bagian hatinya nan terdalam. Tidak jarang jika sebuah movie bisa mengubah perspektif pandang seseorang bakal sesuatu. Karena memang sebuah movie bisa dirasakan sedalam itu.

Ada movie nan dapat membikin Anda tertawa terbahak-bahak, tetapi ada juga movie nan dapat membikin Anda menangis tersedu-sedu. Kamu suka nan mana? Kalau Anda suka film-film sedih, di bawah ini ada beberapa rekomendasi dari Bacaterus.

1. 12 Cerita Glen Anggara

12 Cerita Glen Anggara_

12 Cerita Glen Anggara (2022) mungkin terlihat seperti drama romantis remaja nan bikin para penotonnya gemas. Sebenarnya perihal ini tidak salah, lantaran toh kisah asmara Glen dan Shena memang sangat manis.

Tapi ending dari kisah cinta mereka, justru bakal membikin penonton menangis, setelah mengetahui siapa Shena dan apa makna dari 12 keinginannya itu.

Dibintangi oleh deretan selebriti muda, 12 Cerita Glen Anggara (2022) mungkin bakal menjadi movie sedih nan susah Anda lupakan.

Bukan hanya dari ceritanya saja, tetapi penampilan akting dan kemistri dari Prilly Latuconsina dan Junior Roberts memang memorable banget.

2. Sayap-Sayap Patah

fakta movie sayap sayap patah_Film Pertama Nicholas Saputra dengan Ariel Tatum_

Sayap-Sayap Patah (2022) jelas menjadi salah satu movie sedih Indonesia nan tidak boleh Anda lewatkan. Mengadaptasi kisahnya dari kerusuhan berdarah di Mako Brimob tahun 2018.

Sepertinya Anda sudah bisa membayangkan sendiri, seperti apa ending dari kisah cinta Nicholas Saputra dan Ariel Tatum ini.  

Adapun Sayap-Sayap Patah (2022) mengisahkan Adji dan sang istri Nani, nan sedang menantikan kehadiran anak pertama mereka.

Sudah menata hidup nan bagus bersama-sama, sayangnya sang suami kudu menjalankan tugasnya sebagai personil dari kepolisian.

Adji kudu berjuang mempertahankan hidupnya dari keganasan para napi nan melakukan pemberontakan di Mako Brimob.

3. Noktah Merah Perkawinan

Noktah Merah Perkawinan

Noktah Merah Perkawinan (2022) adalah movie Indonesia nan diadaptasi dari sinetron terkenal tahun 90-an. Film ini bakal disutradarai oleh Sabrina Rochelle Kalangie, sementara itu Marsha Timothy, Oka Antara dan Sheila Dara Aisha didapuk menjadi pemeran utamanya.

Film ini memang bakal membikin para penonton menangis, lantaran drama rumah tangga seperti ini memang sangat pelik.

Semua ini bermulai ketika rumah tangga Ambar dan Gilang menjadi renggang, pasca pertengkaran nan melibatkan orang tua mereka.

Hingga suatu hari, Gilang tidak sengaja berjumpa dengan Yuli nan kembali membawa kehangatan cinta dalam dirinya. Namun perihal ini membikin hubungannya dengan Ambar semakin membara, kira-kira bisakah rumah tangga ini bertahan?

4. Miracle in Cell No. 7

miracle in cell no 7-3_

Mengadaptasi kisahnya dari movie terkenal berjudul sama karya Lee Hwan Kyung, Miracle in Cell No.7 (2022) jenis Indonesia memang wajib Anda nantikan.

Dibintangi oleh Vino G. Bastian dan Graciella Abigail, kemistri keduanya sebagai ayah dan anak memang tidak ada duanya. Selain itu kehadiran Indro Warkop, Tora Sudiro, Rigen Rakelna, hingga Bryan Domani bikin kisahnya makin mengharukan.

Adapun movie ini mengisahkan Dodo Rozak nan dituduh jadi dalang pemerkosaan dan pembunuhan gadis mini berjulukan Melati.

Alhasil laki-laki berkebutuhan unik ini kudu hidup di sel nomor tujuh dengan beberapa napi lainnya. Berkat kebaikan hatinya, para napi mau membantu Dodo untuk membawa putrinya ke sel penjaranya dan hidup berbareng untuk beberapa saat.

5. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini

Nanti-Kita-Cerita-Tentang-Hari-Ini_-1

Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini (2020) adalah sebuah movie nan bakal membawa Anda pada peliknya kehidupan sebuah keluarga.

Film nan diangkat dari novel dengan titel nan sama karya Marchella FP ini sukses sukses di box office, Arya Dwimas Sasongko sukses menggarapnya dengan baik. Ketika sebuah family nan terlihat begitu bahagia, rupanya saling menutupi luka nan mereka rasakan.

Masalah tidak hanya datang dari anak-anaknya saja, orang tua mereka juga mempunyai trauma nan tersimpan selama puluhan tahun.

Drama family ini mungkin terasa sangat dekat dengan para penonton, lantaran memang sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020) menyuguhkan suasana nan sangat emosional dan bikin Anda menangis.

6. Twivortiare

Twivortiare

Jika Anda mau mencari tahu, apakah menikah itu mudah? Sepertinya Twivortiare (2020) bakal menjawabnya.

Film nan memasangkan Reza Rahadian dan Raihanun sebagai pasangang muda ini pasti bikin banyak orang memahami makna menikah nan sesungguhnya. Sama-sama mempunyai karir nan sukses, nyatanya perihal ini tidak membikin pernikahan mereka senang tapi menyedihkan.

Keduanya terpaksa berpisah dan saling menekan emosi cinta masing-masing, nan bikin hidup mereka makin tersiksa.

Menyadari bahwa ego masing-masing terlalu besar, makanya kali ini keduanya berupaya untuk saling memahami dan mengalah. Tapi jika hanya berpegang pada cinta, apakah pernikahan kedua kalinya bagi mereka bisa mempertahankan rumah tangga ini?

7. Keluarga Cemara

Keluarga Cemara

“Keluarga Cemara” adalah serial televisi nan booming pada tahun 90-an. Setelah puluhan tahun berlalu, pada tahun 2019 lampau kisah family mini sederhana tersebut diangkat ke layar lebar dengan pemain-pemain fresh.

Dikisahkan bahwa Abah membujuk keluarganya pindah ke desa terpencil di Jawa Barat lantaran rumah dan hartanya di kota disita oleh debt collector lantaran ulah kakak iparnya sendiri. Ketiga putri Abah kudu beradaptasi di rumah mini peninggalan orang tua Abah.

Kehidupan semakin susah ketika kasus Abah terancam kalah di pengadilan. Jika Abah tak sukses memenangkan kasus tersebut, dia dan family kudu hidup miskin selamanya.

8. Habibie & Ainun

Habibie & Ainun

Film nan mengangkat kisah perjalanan cinta Presiden Indonesia ke-3, B. J. Habibie, dan sang istri, Ainun memang sukses mencuri perhatian sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Untuk beberapa wilayah, tiket bioskop nan menayangkan movie ini selalu lenyap terjual. Tak sedikit penonton nan juga berlinang air mata saat menonton movie ini.

Habibie dan Ainun sendiri dipertemukan sejak bangku sekolah. Keduanya merupakan kawan sekolah biasa nan tidak saling bergur sapa.

Akan tetapi, jodoh memang tak bisa diprediksi, baik Habibie dan Ainun berjodoh. Ainun dengan setia mendampingi Habibie meniti kariernya dari bawah. Mereka berdua saling berbareng dan menjaga sampai pada akhirnya maut lah nan memisahkan keduanya.

9. Radit dan Jani

Radit dan Jani

Film satu ini sempat menjadi movie paling hits di kalangan anak muda tahun 2008, Radit dan Jani (2008) menggambarkan romansa anak muda saat itu.

Ceritanya Radit dan Jani nekat menikah meski tidak mendapatkan restu dari kedua orang tua Jani. Nyatanya kehidupan memang menyedihkan, pasangan muda ini tidak mempunyai uang, pekerjaan dan lingkungan keras di sekitarnya.

Tamparan datang ketika Jani mengetahui bahwa dirinya tengah hamil, Radit saat itu tetap jadi pecandu obat-obatan.

Kehidupan pahit dan susah nan mereka jalani tidak boleh dirasakan oleh anaknya, sejak saat itu Radit berupaya keras untuk mengubah dirinya. Pria ini mencari pekerjaan, berakhir mengkonsumsi narkoba demi membahagiakan istri dan anaknya di masa depan.

10. Sabtu Bersama Bapak

Sabtu Bersama Bapak

Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Adhitya Mulya dengan titel sama. Sabtu Bersama Bapak menceritakan tentang seorang Bapak nan tetap datang di hari Sabtu meskipun sebenarnya beliau telah tiada.

Bukan, ini bukan movie horor. Ini tentang kasih sayang seorang Bapak nan mau selalu datang untuk anak-anaknya. Sang Bapak diperankan oleh Abimana Aryasatya menderita penyakit nan parah dikala anak-anaknya tetap sangat kecil.

Diperkirakan dia hanya bakal memperkuat satu tahun lagi. Supaya dia bisa tetap datang untuk anak-anaknya setelah berpulang, dia membikin rekaman video nan bakal ditonton anak-anaknya Satya dan Cakra setiap hari Sabtu.

Menonton movie ini seperti menyimak nasihat-nasihat Bapak dalam corak nan lebih menarik dan menghangatkan.

Menyaksikan gimana Satya (Arifin Putra) dan Cakra (Deva Mahenra) tumbuh setelah Bapak berpulang mengingatkan kita bakal sungguh dalamnya kasih sayang seorang Bapak. Sedia tisu sebelum menonton movie ini, ya!

Tak hanya "Sabtu Bersama Bapak" saja, Anda pun bisa menyaksikan film-film Abimana lainnya dengan mencari judul-judulnya di tulisan film nan dibintangi Abimana Aryasatya.

11. Surat Kecil untuk Tuhan

Surat Kecil untuk Tuhan

Waktu tayang di bioskop movie ini sukses menarik ratusan ribu penonton nan sebagian besar keluar bioskop dengan mata sembab. Angka nan sangat besar pada waktu itu. Film ini diangkat dari kisah nyata, dari novel nan berjudul sama.

Menceritakan gadis 13 tahun berjulukan Keke nan diperankan oleh Dinda Hauw nan lahir dari family sangat berada. Dia punya dua kakak laki-laki nan sangat menyayanginya, orang tua nan juga sangat menyayanginya meskipun sudah bercerai, juga enam orang sahabat karib nan setia menemaninya.

Semuanya tampak sempurna sampai kemudian kanker jaringan lunak menghampirinya. Penyakit langka dan dia adalah nan pertama di Indonesia.

Melihat gimana Keke berjuang untuk sembuh dan ketulusan orang-orang di sekitarnya cukup meremas-remas hati para penonton sampai tidak kuasa membendung air mata.

12. Ayat Ayat Cinta

Ayat-Ayat-Cinta_

Ayat Ayat Cinta (2008) tidak diragukan lagi sebagai salah satu movie sedih wang wajib masuk dalam list ini. Film nan disutradarai oleh Hanung Bramantyo meningkatkan nama Fedi Nuril, Rianti Cartwright dan Carissa Putri di Indonesia.

Film nan diangkat dari novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy ini memang sukses besar, sampai dibuat sekuelnya.

Film ini berlatarkan kehidupan pasangan muda Indonesia ialah Fahri dan Aisha nan dinikahkan di Kairo, Mesir. Tengah menikmati indahnya kehidupan berumah tangga, Fahri malah dituduh melakukan pemerkosaan dan dipenjara.

Aisha mencari langkah untuk menyelamatkan suaminya, hingga dia rela berbagi suami dengan Maria nan bisa menyelamatkan Fahri.

13. My Idiot Brother

My-Idiot-Brother_

Penyesalan memang selalu datang diakhir, inilah nan dirasakan oleh Angel ketika sudah kehilangan sang kakak lantaran kecelakaan. Hendra memang tidak sama dengan kakak lainnya, lantaran laki-laki ini menderita keterbelakangan mental. Angel nan merasa malu selalu membencinya, tapi Hendra sangat mencintai dan menyayangi adiknya apapun nan terjadi.

Hingga suatu hari ketika Hendra dengan penuh perjuangan berupaya mengantarkan bingkisan milik Angel ke pesta ulang tahun temannya. Gadis itu nyaris celaka, untungnya Hendra sigap menyelamatkannya meski nyawanya jadi bayarannya. My Idiot Brother (2014) adalah movie nan mau tidak mau bakal membikin Anda meneteskan air mata, lantaran ceritanya memang sangat menyedihkan.

14. Heart

Heart

Film ini menceritakan perjalanan emosi sepasang manusia dari mini sampai dewasa. Rachel diperankan oleh Nirina Zubir dan Farel diperankan oleh Irwansyah.

Pada waktu rilis, movie ini diminati banyak orang. Terlebih bukan hanya filmnya, soundtrack film ini juga disukai banyak orang.

Rachel dan Farel punya kisah masa mini nan bahagia. Kebersamaan itu nan membikin emosi mereka tumbuh perlahan, jauh hari sebelum keduanya mengenal apa itu cinta. Sampai satu hari Farel berjumpa dengan Luna nan diperankan oleh Acha Septriasa.

Kehadiran Luna nan kemudian diketahui sedang sakit, ketulusan Farel, dan pengorbanan Rachel bisa mengoyak hati penonton.

Kisah cinta Farel dan Luna, juga emosi Rachel nan tidak pernah diketahui Farel sangat menyentuh hati penonton sampai-sampai sebagian besar nan menonton di bioskop keluar dengan mata sembab.

15. Critical Eleven

Critical Eleven

Diadaptasi dari sebuah novel laku karya Ika Natassa nan berjudul sama. Critical Eleven adalah tentang kehidupan sepasang suami istri nan saling mencintai. Kemudian masalah hidup membikin mereka tanpa sengaja saling melukai.

Ale diperankan oleh Reza Rahadian dan Anya diperankan oleh Adinia Wirasti. Mereka sepasang suami istri nan sangat romantis lagi harmonis. Namun, pernikahan tidak selalu tentang keelokan seperti itu. Terutama ketika mereka akhirnya merasakan kehilangan terbesar dan saling tenggelam dalam kesakitan.

16. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Sebuah movie bertema roman nan satu ini memang membikin hati terenyuh ketika menontonnya. Apalagi movie ini didukung dengan tokoh dan aktris bermuka rupawan, seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahadian. Wajah rupawan pemeran di movie ini membikin kita semakin terhanyut saat menontonnya.

Zainuddin adalah pemuda sederhana nan pergi ke tanah kelahiran ayahnya di Padang Panjang. Hatinya terpikat dengan kecantikan seorang gadis bangsawan berjulukan Hayati. Sayangnya, cinta mereka tidak bisa berasosiasi lantaran budaya istiadat.

Hayati dijodohkan dengan pemuda kaya berjulukan Aziz. Zainuddin nan patah hati merantau ke tanah Jawa dan menjadi penulis nan sukses.

Suatu hari, Zainuddin kembali dipertemukan dengan Hayati dan Aziz. Aziz nan terbelit masalah ekonomi menitipkan Hayati ke Zainuddin. Di satu sisi Zainuddin memang tetap mencintai Hayati, tapi dia tak bisa menghilangkan rasa sakitnya nan dahulu.

Tiba suatu waktu Hayati kudu pulang ke Minang dengan naik Kapal Van Der Wijck. Di tengah perjalanan, kapal tersebut tenggelam. nan menyakitkan bagi Zainuddin adalah dia akhirnya mengetahui bahwa Hayati pun tetap mencintainya.

17. Posesif

Posesif_

Film nan mendapatkan 10 nominasi di Festival Film Indonesia tahun 2017, menjadi salah satu movie sedih Indonesia nan wajib ditonton.

Posesif (2017) bakal lekat sekali hubungannya dengan anak muda, pasalnya movie ini mengisahkan hubungan toxic antara Adipati Dolken dan Putri Marino.

Gadis ini tidak pernah menyangka bahwa dia bakal merasakan kisah cinta nan menyakitkan selama berbareng Yudhis.

Lala adalah siswa siswi dan atlet loncat bagus dan gadis ini hanya hidup berdua dengan ayahnya. Tapi lantaran Yudhis hidupnya mulai didatangi banyak masalah, lantaran laki-laki itu sangat pencemburu dan nekat.

Yudhis sampai menyabotase musuh Lala di perlombaan dan menabrak temannya nan berjulukan Rino. Lala minta putus namun laki-laki itu berupaya menyakiti dirinya sendiri, apakah mereka bakal kembali bersama?

18. Cinta Laki-Laki Biasa

Cinta-Laki-Laki-Biasa_

Cinta Laki-Laki Biasa (2016) bakal membikin para penonton baper dan ikut sedih dengan apa nan dirasakan oleh Deva Mahenra.

Jatuh cinta pada wanita nan status sosialnya berada di atasnya, rupanya membikin rumah tangganya diterpa banyak badai. Ketika sang istri Velove Vexia kehilangan ingatan, Deva Mahenra kudu berjuang membuktikan cinta dan martabatnya sebagai seorang suami.

Ketika mertuanya tidak pernah merestui dirinya lantaran hanya laki-laki biasa dan bukan dari kalangan terpandang.

Tapi laki-laki ini percaya bahwa cintanya dan sang istri tidak bakal pernah berakhir, mereka bakal tetap berbareng apapun nan terjadi. Kisah ini sukses membikin banyak orang tersentuh, lantaran ketulusan dan kepolosan cinta nan ditampilkan.

19. Mika

Mika

Indi adalah seorang gadis remaja nan periang. Akan tetapi, keceriaannya sirna ketika dia didiagnosa mengalami scoliosis pada saat SMP. Indi kudu menggunakan besi penyangga tubuh nan membuatnya tidak nyaman dan membatasi geraknya.

Sebelum masuk SMA, Indi berpiknik ke Jakarta dan berjumpa dengan Mika, laki-laki nan cuek, seru, berani, dan selalu berpikiran positif.

Secara tak terduga, Mika kembali membawa keceriaan untuk Indi. Tanpa segan Mika memberi support untuk Indi agar berani melawan penyakitnya.

Kedekatannya dengan Mika terpaksa kudu Indi rahasiakan dengan orang tuanya. Pasalnya, dia tahu bahwa orang tuanya tidak bakal menyukai Mika lantaran laki-laki tersebut bertato dan jauh lebih tua. Saat hubungan Indi dan Mika semakin dekat, Mika memberi tahu Indi bahwa dirinya pengidap AIDS.

Kondisi tubuh Mika semakin lemah dari ke hari. Ketika salah satu sahabat Mika nan juga pengidap AIDS meninggal dunia, Mika menjauhi Indi lantaran tidak mau gadis itu merasakan sakit nan terlalu dalam jika dia kudu menghadap nan Maha Kuasa.

20. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir

Ayah Menyayangi Tanpa Akhir

Ini tentang Ayah nan kudu kehilangan istrinya ketika kelahiran anaknya. Sang Ayah merawat buah hatinya sendirian dengan penuh kasih sayang.

Namun kemudian, dia dihadapkan pada ujian berat sekali lagi ketika sang anak dinyatakan menderita penyakit nan mematikan.

Melihat seorang Ayah melewati ujian seberat itu sendirian pastilah menyentuh semua hati nan menontonnya. Setelah kehilangan istri tercinta, dia juga terancam kehilangan buah hatinya.

Siapa nan tidak bakal luruh menyaksikan kisah sekelabu itu. Oh ya, Fedy Nuril memerankan sosok Ayah dengan sangat baik di movie ini.

21. Surga nan Tak Dirindukan

film sedih Indonesia_Surga nan Tak Dirindukan

Film Surga nan Tak Dirindukan menjadi salah satu movie paling sukses di Indonesia pada tahun 2015. Mengangkat tema cinta dan poligami, movie bergenre drama nan diadaptasi dari novel berjulud sama karya Asma Nadia ini nyatanya bisa memikat hati lebih dari 2 juta penonton pada saat itu.

Bukan hanya lantaran keahlian Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella, Raline Shah dan tokoh serta akrtis lainnya nan sangat baik, movie ini juga mempunyai jalan cerita nan sangat menarik.

Berkisah tentang pernikahan dua sejoli berjulukan Pras dan Arini nan penuh cengkir bujukan dengan guncangan. Berbagai berita perselingkuhan Pras tidak malah membikin kepercayaan Arini luntur pada sang Suami.

Hingga pada suatu hari, Pras mengalami kecelakaan setelah menabrak Mei Rose nan rupanya sedang melakukan percobaan bunuh diri lantaran mengalami depresi akibat ditinggalkan oleh laki-laki nan berjanji untuk menikahinya.

Mei Rose juga ada dalam keadaan mengandung dan mengalami koma berkepanjagan setelah itu, hingga akhirnya anak Mei Rose lahir.

Melihat keadaan Mei Rose, membikin Pras iba padanya. Dan ketika Mei Rose sadar, dia malah mencoba untuk bunuh diri kembali meski sukses dihentikan oleh Pras. Tapi, kali ini Mei Rose malah meminta Pras untuk menikahinya.

Dari beberapa movie nan sudah disebutkan, ada nan sudah pernah Anda tonton? Apa Anda menyukainya? Silakan bagikan kesanmu di kolom komentar ya. Kamu juga boleh menambahkan jika ada movie lain nan belum tertulis.