Cara Main Game PS2 di Android

Cara Main Game PS2 di Android – Mungkin diantara kalian pernah berpikiran bagaimana cara bermain Game PS2 melalui Android bukan?

Terutama bagi kalian yang kelahiran pada tahun 2000-an, pastinya saat ini sangat rindu untuk memainkan Game-Game didalam PS2.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali Game didalam PS2 yang menjadi kenangan tersendiri dalam kehidupan dimasa lampau.

Apalagi saat itu kalian dapat memainkan Game-Game Playstation 2 bersama keluarga atau teman sekolah yang bolos bersamaan.

Namun pada saat itu juga banyak sekali anak-anak sekolahan yang tidak bolos ke rental ps saja, tetapi mereka juga sering bolos ke warnet.

Untuk memainkan berbagai macam Game PC Online, misalnya seperti Point Blank, Dragon Nest, Ayo Dance, Lost Saga, dan masih banyak lagi.

Sungguh tidak dipungkiri kenangan-kenangan tersebut menjadi cerita tersendiri, bagi kita yang kelahiran tahun 1990 atau 2000-an.

Lalu bagaimana sih cara untuk memainkan Game-Game PS2 dengan menggunakan Perangkat Smartphone Android tersebut?

Karena itu untuk membangkitkan kembali kenangan-kenangan tersebut, kami akan membagikan cara bermain Game PS2 melalui Android.

Dengan proses yang sangat mudah untuk dilakukan oleh kalian yang memang tidak tahu cara memainkan Game PS2 melalui Smartphone.

Apakah Bermain Game PS2 di Android Membutuhkan Aplikasi Ketiga?

Mungkin banyak diantara kalian yang akan bertanya apakah bermain Game PS2 melalui Android memerlukan Aplikasi pihak ketiga?

Jawabannya : benar, kita membutuhkan sebuah Aplikasi PPSSPP untuk memainkan berbagai macam Game PS2 tersebut.

Karena pada saat ini pihak Pengembang dari Smartphone Android belum menerapkan sebuah System yang sama seperti PPSSPP.

Persiapan Untuk Memainkan Game PS2 di Android

Persiapan Untuk Memainkan Game PS2 di Android

Sebelum kita memasuki sesi tutorial cara memainkan Game PS2 melalui Android, kalian harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini :

1. Mendownload Aplikasi PPSSPP

PPSSPP (Playstation Portable Simulator Suitable Playing Portably) adalah sebuah Aplikasi yang digunakan untuk memainkan Game dari Platform PS2.

Selain untuk memainkan Game-Game dari Playstation 2, kalian juga bisa memainkan Game dari PSP, Xbox, Nintendo, PS1, dan lain-lainnya.

Untuk bisa menjalankan berbagai macam Game melalui Aplikasi Emulator ini, harus memiliki Format Game berupa ISO, CSO, atau BIN.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil sekali sehingga dapat berjalan walaupun menggunakan Android dengan Spesifikasi Rendah.

Untuk kalian yang ingin mendownload Aplikasi PPSSPP tersebut, silahkan langsung saja kalian klik Link Download [Disini].

2. Memiliki Game PS2 dengan Format ISO, CSO, atau BIN.

Seperti yang telah kami katakan diatas bahwa Game yang dapat dijalankan melalui Aplikasi ini harus memiliki Format ISO, CSO, atau BIN saja.

Game yang kalian download dengan selain dari Format Game ISO, CSO, atau BIN tersebut, maka tidak bisa dijalankan melalui Aplikasi Emulator ini.

Akan tetapi jangan khawatir karena kalian bisa mencoba Format diluar ISO, CSO, atau BIN, dengan menggunkan ePSXe.

Atau kalian bisa mengubah Format dari Game-Game tersebut, dengan menggunakan sebuah Aplikasi bernama ZArchiver.

3. Menggunakan Android dengan RAM minimal 4GB

Untuk memastikan Game berjalan lancar ketika dimainkan melalui Android, kalian harus memiliki Smartphone Android minimal RAM 4GB.

Karena dengan menggunakan Smartphone minimal RAM 4GB, maka saat kamu bermain tidak akan mengalami Lag, Frame, atau Force Close.

Dan sebaliknya jika kalian memaksakan bermain dengan menggunakan Android RAM 2GB, maka akan sering terjadi Lag, Frame, atau Force Close.

Akan tetapi jika kalian hanya memiliki Android RAM 2GB saja, kalian bisa mencoba memainkan Game Playstation 1 melalui Aplikasi ePSXe.

4. Memasang Kartu SD atau Memory Eksternal

Kartu SD atau Memory Eksternal berfungsi untuk memperbanyak Ruang Penyimpanan dalam sebuah Smartphone Android.

Apalagi jika kalian memiliki Smartphone Android dengan RAM 2Gb saja, sehingga dapat membantu mengurangi Memory Internal.

Dan kalian bisa menyimpan File Game kedalam Kartu SD atau Memory Eksternal ini, untuk mengurangi Penyimpanan pada Memory Internal.

Karena untung nya saja meskipun File Game telah dipindahkan kedalam Kartu SD, masih tetap bisa terbaca oleh System pada Aplikasi PPSSPP.

Download PPSSPP Gold Premium

PPSSPP Gold Premium
NamePPSSPP Gold Premium
Version1.11.3
Size25,17 MB
DevelopmentHenrik Rydgard
System Reqruitment4.1 or High
Link DownloadDISINI

Download ZArchiver

NameZArchiver Proffesional
Version0.9.5.8
Size4.52 MB
DevelopmentZArchiver Team
System Reqruitment4.1 or High
Link DownloadDISINI

Cara Instal

Selain memberikan link download agar lebih memudahkan kamu untuk mendapatkan Aplikasi ini, disini kami akan menjelaskan cara install aplikasinya juga.

Karena mungkin saja masih banyak pembaca artikel ini yang belum tahu cara untuk menginstall Aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, disini admin showa.co.id akan dengan senang hati memberikan informasi tersebut kepada sahabat sekalian.

Jadi, untuk kamu yang belum tahu cara install Aplikasi yang diunduh dari browser maka simak langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, silahkan “buka menu pengaturan” yang ada di ponselmu lalu pilih opsi “Privasi dan Keamanan”.
  • Setelah itu langsung aktifkan fitur “Sumber Tidak Dikenal” yang ada di dalam opsi tersebut.
  • Kemudian buka “File Manager” dan “cari file Aplikasi PPSSPP”.
  • Selanjutnya klik aplikasi tersebut dan tekan bacaan “Install Aplikasi”.
  • Silahkan tunggu proses penginstallan hingga selesai dan setelah berhasil barulah kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Ikuti semua langkah-langkah yang kami jelaskan di atas dengan baik dan benar agar proses penginstalan yang kamu lakukan berhasil.

Apabila Aplikasi sudah terinstall ke dalam HPmu maka kamu baru bisa masuk ke dalam Emulator tersebut.

Tutorial Cara Main Game PS2 di Android

Tutorial Cara Main Game PS2 di Android

Jika kalian sudah menyiapkan berbagi macam hal diatas, sebelum memainkan Game PS2 melalui Smartphone Android yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Untuk kalian yang tidak tahu bagaimana cara bermain Game PS2 di Android, silahkan simak tutorialnya yang kami sediakan berikut ini :

  1. Download dan Pasang “PPSSPP” dan “ZArchiver” yang kami sediakan dibagian atas terlebih dahulu, pada Smartphone yang kalian miliki.
  2. Kemudian silahkan kalian Download salah satu “Game PPSSPP Format ISO” pada Link Download dibawah (Simpan dalam File yang mudah ditemukan).
  3. Bukalah Aplikasi ZArchiver terlebih dahulu untuk mengkonversi File Game menjadi ISO (Apabila Format Game bukan ISO).
  4. Didalam Aplikasi PPSSPP pilih “Permainan” dan carilah File tempat menyimpan Game yang telah kalian konversi menjadi ISO.
  5. Dan secara otomatis Game akan langsung dapat dimainkan, namun sebelum memainkan Game ada baiknya kalian mengatur Kontrol Permainan dahulu.

Untuk kalian yang ingin mendownload berbagai macam Game Playstation 2, silahkan langsung saja klik Link berikut ini [DISINI].

Kesimpulan

Dengan adanya tutorial ini semoga memberikan suasana nostalgia yang telah banyak dimainkan oleh seluruh orang ditahun 2000.

Mungkin itu saja yang bisa admin okkui.id sampaikan mengenai cara bermain Game PS2 dengan menggunakan Smartphone Android.

Semoga pembahasan yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel dari kami.