Ketepatan Waktu Keberangkatan KA Jarak Jauh Masa Angkutan Lebaran Capai 99,6%

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Keberangkatan penumpang dengan kereta api dari Stasiun Gambir, Jakarta. (dok. kai.id)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat selama masa pikulan Lebaran 2024, keakuratan waktu perjalanan kereta api telah sesuai dengan nan diharapkan.

Pada masa Angkutan Lebaran sejak 31 Maret hingga 13 April 2024, On Time Departure alias ketepatan waktu untuk keberangkatan KA Jarak Jauh mencapai 99,6%, sedangkan untuk KA Lokal mencapai 99,3%.

Adapun untuk On Time Arrival alias ketepatan waktu untuk kehadiran KA Jarak Jauh mencapai 93,3%, sedangkan untuk KA Lokal mencapai 99,3%.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, ketepatan waktu menjadi salah satu nilai tambah nan KAI tawarkan bagi masyarakat.

Dalam pikulan Lebaran ini, KAI terus menjaga keamanan, kenyamanan, keselamatan, dan ketepatan waktu.

“Ketepatan waktu merupakan salah satu kelebihan dari transportasi kereta api nan bebas macet, sehingga diminati oleh para pemudik,” kata Agus.

Selama pikulan Lebaran sejak 31 Maret (H-10) hingga 13 April (H+2), KAI telah mengoperasikan 3.576 perjalanan KA jarak jauh alias rata-rata 238 KA per hari.

Adapun jumlah penumpang KA jarak jauh pada periode tersebut sebanyak 2.255.291 penumpang alias rata-rata 161.092 penumpang per hari.

PT KAI menetapkan masa pikulan Lebaran 2024 adalah tanggal 31 Maret (H-10) hingga 21 April 2024 (H+10).

Berdasarkan pantauan info pada Minggu (14/4), tiket KA Jarak Jauh nan sudah di beli pada periode tersebut adalah sebanyak 3.230.628 tiket.

“Mulai hari Jumat tanggal 12 April (H+1) arus kembali sudah mulai terjadi, dan diprediksi puncak arus kembali bakal terjadi pada hari ini Minggu, 14 April 2024 (H+3), dengan jumlah penumpang sementara ini sudah sebanyak 198.098 orang. Angka tersebut tetap bisa bertambah lantaran penjualan tiket tetap berlangsung.

KA-KA Jarak Jauh favorit untuk periode Angkutan Lebaran sbb:
1. KA Airlangga relasi Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi (pergi pulang/pp)
2. KA Joglosemarkerto relasi melingkar Jawa Tengah
3. KA Pasundan relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng (pp)
4. KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan – Ketapang (pp)
5. KA Bengawan relasi Pasarsenen – Purwosari (pp)
6. KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar (pp)
7. KA Matarmaja relasi Pasarsenen – Malang (pp)
8. KA Jayakarta relasi Pasarsenen – Surabaya Gubeng (pp)
9. KA Kertajaya relasi Pasarsenenen – Surabaya Pasarturi (pp)
10. KA Serayu relasi Pasarsenen – Purwokerto (pp)

KAI mengimbau kepada seluruh pengguna agar mengalokasikan waktu nan cukup saat menuju stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya menghindari kemungkinan ketinggalan kereta api.

“Mengingat kepadatan jalan raya nan condong meningkat di momen Lebaran. Kami mengingatkan agar pengguna tetap dapat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi jagoan dengan mengatur waktu keberangkatan dari kediaman menuju stasiun keberangkatan,” jelas Agus.

KAI juga mengingatkan lagi patokan bagasi dan pengguna diperbolehkan membawa bagasi tanpa dikenakan bea dengan berat maksimum 20 kg dan volume maksimum 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm dan sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item bagasi).

“KAI berkomitmen untuk mewujudkan Mudik Ceria Penuh Makna pada masa pikulan Lebaran 2024,” jelas Agus. B