Novotel dan ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square Bertransformasi Beri Pengalaman Menginap dengan Komitmen Program Berkelanjutan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
Beberapa akomodasi di Novotel dan ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square. (dok. istimewa)

Sejak lebih dari 30 tahun, Accor telah berkomitmen terhadap pembangunan berkelanjutan. Sebagai salah satu hotel brand Accor, sejak tahun 2020 Novotel dan ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square telah menetapkan komitmen penuh untuk berkontribusi terhadap sustainability program secara menyeluruh.

Komitmen tersebut, baik secara operasional, pengalaman menginap dan bersantap bagi para tamu, hingga komitmen staf dalam menjalani pekerjaan sehari-hari.

Transformasi program berkepanjangan ini meliputi program operasional menginap (Sustainable Stays), program perputaran siklus untuk makanan (Responsible Food Cycle), program berkepanjangan untuk staf, dan pedoman keberlanjutan untuk berjalan (Sustainability Explore).

Berbagai persoalan mengenai lingkungan nan utama yaitu, pencemaran lingkungan, sampah plastik, pengaruh rumah kaca, emisi gas, dan tetap banyak lainnya.

Segala macam pencemaran lingkungan ini pun berakibat pada tanah, laut hingga udara dan tentunya berpengaruh pada keseimbangan ekosistem.

Berpegang pada komitmen untuk mengurangi persoalan tersebut, Novotel dan ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square mau melangkah lebih jauh dalam perihal ini dengan menerapkan program operasional menginap (Sustainable Stays).

Program itu meliputi menghilangkan plastik satu kali pakai di area hotel, melakukan manajemen operasi untuk mengurangi konsumsi daya dan air nan tentunya bakal berpengaruh pada akibat pengaruh rumah kaca, hingga membujuk para tamu untuk mendukung program ini, seperti hotel hanya menyediakan amenities terbatas di dalam bilik nan di sesuaikan dengan kebutuhan tamu.

Selain itu, program perputaran siklus untuk makanan (Responsible Food Cycle) juga tidak kalah pentingnya.

Hotel telah menerapkan optimasi mulai dari sistem pengolahan bahan makanan di perkebunan/peternakan, pengedaran vendor, menyajikan makanan ke para tamu, hingga pengolahan sampah makanan guna melakukan kontrol dan memperbaiki siklus perputaran makanan.

Optimasi sistem pengolahan bahan makanan nan dilakukan oleh para produsen, ialah petani, peternak, dan pemasok vendor kudu mempunyai sistem nan bertanggung jawab dan menerapkan keseimbangan ekosistem, seperti tidak memberikan pestisida alias memberikan obat vaksin bagi hewan nan berlebihan.

Edukasi pentingnya untuk makan secara bijak sesuai dengan porsi juga kami lakukan untuk para tamu, sehingga bisa mengurangi sampah makanan.

Setelah makanan selesei disajikan, tim dari kitchen melakukan pengolahan kembali ialah memisahkan makanan nan tetap layak untuk bisa di donasikan, memisahkan sampah sayuran dan buah-buahan untuk bisa diolah kembali menjadi pupuk organik di urban garden.

Banyak perihal nan bisa dilakukan dalam mendukung siklus pengolahan makanan, salah satunya adalah mengolah bahan makanan organic hasil dari hotel tanam sendiri, hotel mempunyai area taman dan urban garden nan difungsikan secara langsung untuk bisa mendukung penyediaan bahan makanan.

Selain itu, hotel juga menawarkan menu makanan organic nan sehat dan lezat, Novotel Jakarta Mangga Dua Square memperkenalkan microgreens menu a la carte, tersedia lima menu andalan, Tuna Salad, Vegan Salad, Omega 3, Beef Salad, dan Chicken Salad.

Kelima menu tersebut mempunyai bahan dasar sayuran organik nan diolah secara baik dan sempurna di padukan dengan microgreens nan mempunyai banyak faedah dan semakin lezat dengan tambahan topping protein, ialah pilihan ayam, daging, telur, alias ikan.

Bagi para tamu vegetarian pun bisa juga menikmati makanan vegetarian nan tersedia di menu a la carte, seperti pizza dan juga salad.

Dalam masa kedepan, tim Food and Beverages (F&B) pun bisa berkarya dengan pengolahan bahan makanan nan sustainable, seperti pengolahan kulit semangka menjadi acar dan tetap banyak makanan imajinatif lainnya.

Tidak hanya untuk para tamu, Novotel dan ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square juga melakukan komitmen untuk para staf.

Para staf diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para tamu untuk mendukung program sustainability nan di terapkan oleh hotel.

Manajemen juga melakukan aktivitas training berkepanjangan mengenai program ini, tidak hanya itu aktivitas sehari-hari pun juga dilakukan, seperti mematikan lampu dan AC jika tidak digunakan, mematikan komputer saat selesei bekerja, memakai tumblr untuk mengisi air minum dan tidak kalah krusial mengkonsumi air minum nan suhu ruangan.

Dengan mendorong program berkepanjangan ini, Novotel dan ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square bakal memberikan kepada tamu pengalaman menginap nan lebih ramah lingkungan.

Hotel juga bakal berkontribusi penuh dalam memberikan pedoman berjalan nan sustainable, menyediakan info mengenai transportasi umum, tempat rekreasi alam, dan info mengenai kendaran berbasis listrik.

Program ini dinilai dalam empat sistem keberlanjutan, ialah pengelolaan berkelanjutan, akibat lingkungan, akibat budaya dan akibat social ekonomi terhadap praktik hotel. sa/B