Pelindo Layani 2.2 Juta Orang Selama Mudik Lebaran 2024

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
Para penumpang saat pikulan mudik Lebaran 2024 di pelabuhan. (dok. pelindo.co.id)

Sebanyak 2.260.360 orang tercatat menggunakan jasa kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) di 63 terminal penumpang selama periode libur panjang Lebaran, 26 Maret – 26 April 2024.

Jumlah ini melonjak 8.99% dibandingkan tahun sebelumnya pada periode nan sama sebanyak 2,07 juta orang.

Hingga H+15 jumlah kendaraan nan telah menggunakan jasa kepelabuhanan di 63 terminal mencapai 212.527 kendaraan.

Jumlah pengguna tertinggi terjadi pada H+3 Lebaran, sebanyak 89.200 orang dan 5.284 kendaraan nan melewati terminal penumpang dan roro nan dikelola Pelindo.

Group Head Sekretariat Perusahaan Ardhy Wahyu Basuki menjelaskan, meski terdapat lonjakan pergerakan pemudik di 63 terminal penumpang Pelindo, penanganan arus mudik dan arus kembali Lebaran 2024 di seluruh terminal penumpang telah berjalan dengan lancar dan aman.

Bahkan, dia menambahkan, saat mencapai puncak kepadatan, sistem perusahaan tetap bisa menjaga kelancaran pelayanan dengan baik.

Sepanjang arus mudik Lebaran 2024, terminal penumpang dengan jumlah pengguna terbanyak nan dilayani ialah terminal  penumpang Tanjung Perak dengan 271.980 penumpang, disusul terminal Tanjung Pinang 237.913 penumpang dan terminal Tanjung Balai Karimun 135.808 penumpang.

Lebih lanjut, Pelabuhan Panjang nan menjadi pelabuhan alernatif untuk mengurai kepadatan jalur penyeberangan Jawa – Sumatra sukses melayani sebanyak 4.166 kendaraan dan 7.863 penumpang.

Imam Rahmiyadi, General Manager Pelindo Regional 2 Panjang, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pekerja nan telah berjibaku mengorbankan waktu tenaga dan fikirannya dalam mensukseskan aktivitas arus mudik dan arus kembali Lebaran 1445 Hijriah alias tahun 2024.

“Suksesnya aktivitas pikulan lebaran ini tidak terlepas dari kerja keras kita semua dari beragam lini bahu membahu dan support serta koordinasi lintas sektoral nan sangat baik dari semua stakeholder sehingga kita bisa melayani para pemudik dengan kondusif dan nyaman melalui Pelabuhan Panjang” ujar Imam.

Pelayanan nan diberikan oleh Pelindo ini mendapatkan appresiasi dari Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan.

“Saya bangga dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak dan unsur mengenai atas koordinasi dan kerja nyata berbareng sehingga mudik kali ini dapat melangkah dengan baik,” jelas Menhub.

Budi Karya juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian dan Lembaga mengenai nan mendukung secara intens sehingga kita semua bisa mengawal dan bekerja-sama dalam menjalankan tanggung jawab ini” ujar Menhub.

Tahun 2024, Pelindo memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dengan memberikan jasa terbaik seperti menambah ruang tunggu, menyediakan mushalla, ruang laktasi, ruang bermain anak, ruang pelayanan kesehatan serta menambah personil keamanan dan personil kebersihan.

“Saya memilih mudik berbareng family menggunakan jalur laut, lantaran jasa di terminal penumpang Pelindo sudah bagus. Jadi tidak menimbulkan kekhawatiran sama sekali,” ujar Musdianto, penumpang tujuan Batam.

Tidak hanya dari penumpang, PT Pelni (Persero) selaku costumer langsung dari Pelindo juga merasakan puas atas pelayanan nan diberikan Pelindo.

“Layanan Pelindo khususnya Cabang Pantoloan selama pikulan lebaran 2024 selalu sigap dan sigap tanggap. Tidak terjalan keterlambatan saat pelayanan dan kerjasama nan terjalin membikin kami dari Pelni bisa memberikan jasa nan kondusif dan nyaman bagi para pemudik,” Kepala Cabang Pelni Palu St. Nafillah.

Kegiatan Angkutan Lebaran 2024 terlaksana dengan lancar, aman, tertib, tidak terlepas dari kerjasama dan sinergitas, serta kerja sama dari seluruh lembaga kepelabuhanan mengenai pada saat melayani arus mudik dan arus kembali baik.

“Terima kasih atas kerjasama dan sinergitas serta kerjasama nan sangat baik oleh masyarakat, TNI-Polri, Kemenhub, Kementerian BUMN dan semua pihak nan terlibat dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024, sehingga kenyamanan dan keselamatan pemudik terjamin,” jelas Ardhy. B