Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta – Kendari pp

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Seremoni penerbangan perdana rute Jakarta - Kendari pergi pulang (pp) dilakukan di Bandara Halu Oleo Kendari (KDI) pada Rabu (24/4/2024). (dok. istimewa)

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta – Kendari – Jakarta (langsung) alias pergi pulang (pp) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno – Hatta Jakarta (CGK) ke Bandara Halu Oleo Kendari (KDI) pada Rabu 24 April 2024.

Pembukaan rute penerbangan baru ini merupakan pembukaan rute baru kedua pada April ini setelah sebelumnya Pelita Air telah membuka rute penerbangan nonstop Jakarta – Aceh – Jakarta pada 3 April 2024, sehingga menambah total rute penerbangan Pelita Air menjadi 13 rute dari ujung barat ke timur Indonesia.

Seremoni penerbangan perdana rute ini dilakukan di Bandara Halu Oleo Kendari (KDI) pada Rabu 24 April 2024 melalui prosesi pengguntingan pita nan dilakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belli Tombilli, Direktur Niaga PT Pelita Air Service Asa Perkasa dan Perwakilan Bupati Konawe Selatan Maharayu.

Hadir juga saat pengguntingan pita itu, Kepala Kantor UPBU Bandara Haluoleo Sarmin, Komandan Lanud Haluoleo Kolonel PNB Lilik Eko Susanto dan Manager Aviation Fuel Terminal Haluoleo Pertamina Muhammad Hartato.

Sesaat sebelumnya, dilakukan penyambutan kehadiran penerbangan Pelita Air IP810 dari Jakarta dengan water salute dan penyambutan penumpang penerbangan tersebut dengan tarian-tarian sambutan dan pengalungan bunga.

“Pelita Air terus membuka rute penerbangan baru sebagai corak komitmen Pelita Air dalam mewujudkan konektivitas udara di seluruh Indonesia. Kali ini Pelita Air kembali membuka rute penerbangan langsung baru, ialah rute Jakarta – Kendari – Jakarta.

Kendari dan Sulawesi Tenggara merupakan kota dan provinsi di Indonesia dengan potensi ekonomi nan cukup besar, mulai dari sektor pertambangan, sektor pertanian, sektor perikanan, hingga sektor pariwisata.

“Diharapkan dengan pembukaan rute Jakarta – Kendari Pelita Air ini dapat semakin meningkatkan aksesibilitas dengan memberikan tambahan opsi penerbangan dari Jakarta ke Kendari,” ujar Direktur Niaga PT Pelita Air Service Asa Perkasa.

Pelita Air, lanjutnya, mengucapkan terima kasih atas support dan koordinasi nan baik dari Pemerintah, melalui Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Pemerintah Kota Kendari, pengelola Bandara Halu Oleo Kendari, AirNav Indonesia bagian Kendari, dan beragam pihak mengenai lainnya.

Pelita Air mengoperasikan jasa penerbangan reguler rute Jakarta – Kendari – Jakarta setiap hari dengan gelombang tujuh kali seminggu menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 dengan kapabilitas 180 bangku kelas ekonomi alias Silver Class.

Adapun agenda penerbangannya adalah sebagai berikut:

Rute Jakarta – Kendari

Nomor Penerbangan IP810

Waktu Berangkat 06.15 WIB

Waktu Tiba 10.10 WITA

Hari Layanan Setiap hari

Rute Kendari – Jakarta

Nomor Penerbangan IP811

Waktu Berangkat 11.15 WITA

Waktu Tiba 13.10 WITA

Hari Layanan Setiap hari

Seperti penerbangan Pelita Air rute lainnya, penumpang Pelita Air pada penerbangan rute Jakarta-Kendari-Jakarta juga mendapatkan makanan (snack), minuman, dan bagasi cuma-cuma 20 kg.

Selain itu, untuk meningkatkan pengalaman terbang nan menyenangkan, seluruh penumpang Pelita Air dapat menikmati intermezo cuma-cuma nan dapat diakses oleh smartphone, tablet, dan laptop masing-masing penumpang melalui Wireless Inflight Entertainment (W-IFE) menggunakan aplikasi Tripper.

Untuk semakin meningkatkan kenyamanan, tiket penerbangan rute Jakarta – Aceh – Jakarta ini sudah dapat dipesan di website dan aplikasi mobile Pelita Air nan dilengkapi beragam macam fitur nan memudahkan, antara lain membeli tiket penerbangan, membeli tambahan kuota bagasi, dan memilih tempat duduk.

Ada juga kemudahan lainnya, ialah kemudahan pembayaran melalui kartu angsuran dan virtual account, melakukan mobile check in, terkoneksi langsung dengan pemasok jasa pengguna Starla, terkoneksi dengan akomodasi intermezo dalam pesawat (Wireless Inflight Entertainment) Starlight, dan info produk Pelita Air.

Mobile check in di aplikasi mobile Pelita Air dapat dilakukan mulai dari 24 jam sebelum agenda keberangkatan hingga empat jam sebelum agenda keberangkatan.

Terkait dengan akomodasi check in juga tersedia jasa Kiosk check in Pelita Air di area konter check in Terminal Bandara Soekarno-Hatta.

Waktu check in menggunakan Kiosk check in Pelita Air dibuka sejak delapan jam sebelum agenda penerbangan dan ditutup hingga sebelum satu jam agenda penerbangan.

Dengan dibukanya rute baru ini terdapat total 13 destinasi nan sudah dilayani penerbangan Pelita Air, ialah Jakarta, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Padang, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Sorong, Aceh, dan Kendari.

Ke depan, Pelita Air bakal terus membuka rute perjalanan ke lokasi wisata dan upaya favorit lainnya di Indonesia. sa/B