Pembangunan Bandara IKN Berjalan Sesuai Rencana

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali melakukan cek progres pembangunan airport Ibu Kota Nusantara (IKN). (dok. kemenhub)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali meninjau progres pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (23/4/2024).

Menurutnya, proyek pembangunan Bandara IKN sampai saat ini tetap sesuai rencana dan dikerjakan dengan baik.

“Sejauh ini, progres pembangunan Bandara IKN melangkah dengan baik dan sesuai rencana. Melihat perkembangannya, saya optimis airport ini dapat diujicobakan pada bulan Juli mendatang,” ujarnya.

Dalam peninjauan tersebut, Menhub mengecek sejumlah lokasi, salah satunya titik nan nantinya bakal menjadi runway.

“Tadi saya memandang ada satu pekerjaan soil improvement (perbaikan tanah) di beberapa letak runway. Secara garis besar, pengerjaannya sudah bagus,” jelasnya.

Menhub juga menekankan bahwa pembangunan Bandara IKN dikerjakan dengan sangat serius.

Semua pekerja, dia menambahkan, bekerja secara intensif demi memastikan proyek tersebut dapat selesai tepat waktu.

Menhub pun mengapresiasi para pekerja nan telah menjaga kelestarian alam selama mengerjakan Bandara IKN.

“Saya juga senang lantaran pengerjaan airport ini tetap mempertahankan kehijauan alam sesuai petunjuk dari Pak Presiden,” ungkapnya.

Pada kesempatan nan sama, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi berambisi agar Bandara IKN dapat rampung sesuai rencana dan dapat digunakan pada upacara 17 Agustus mendatang.

“Kami juga berambisi airport ini sigap selesai, Juli selesai. Kemudian, ketika seremoni 17 Agustus sudah ada nan bisa mendarat di sini, membawa Bapak (Menhub) juga,” jelasnya.

Untuk diketahui, progres pekerjaan bentuk Bandara IKN sampai dengan minggu ke-19 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya pekerjaan pilecap, kolom dan instalasi pipa plumbing Terminal VIP, pekerjaan bored pile, dan kolom.

Selain itu, instalasi pipa plumbing Terminal VVIP, pekerjaan pancang dan erection TC di Gedung ATC, pekerjaan minipile dan pilecap Gedung Peribadatan, pekerjaan minipile di Gedung Bengkel dan lab karantina, serta pekerjaan cut dan fill di jalan akses utama, embung, dan jalan perimeter barat.

Adapun rencana pekerjaan pada minggu ke-20, bakal dilakukan pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap dan plat lantai area Terminal VVIP, pekerjaan lanjutan bored pile, pilecap, dan plat lantai di Gedung Terminal VIP, pekerjaan lanjutan pondasi pancang dan pilecap di Gedung ATC, serta pekerjaan lanjutan cut dan fill.

Kemudian, untuk mempercepat proses pembangunan Bandara IKN, telah dilakukan penambahan tenaga kerja dari 367 orang menjadi 458 orang pada April 2024.

Selain itu, untuk mempermudah akses logistik, jalan akses utama juga diharapkan bisa selesai pada awal Mei 2024.

Sebagai informasi, Bandara IKN punya luas terminal 7.350 m2 dan luas area airport 347 hektare.

Konsep kreasi terminal airport ini bakal memadukan unsur kearifan lokal nan menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan.

Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, Bandara IKN dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti jenis Boeing 777-3000ER dan Airbus A380. B